Menjadi Full Mom atau Working Mom?

Hallo semua.. saya kembali dengan status sudah menjadi seorang ibu \^_^/

Dilema ketika menjadi seorang ibu itu adalah apakah akan menjadi Full Mom atau menjadi Working Mom?

Dimata saya semua pilihan itu berharga yaa, tergantung kondisi dari masing-masing ibu.

Kalau ditanya enak jadi Working Mom atau Full Mom jawabannya itu sama-sama nikmat luar biasa.

Menjadi Full Mom pernah saya rasakan sewaktu cuti melahirkan, mengurus anak sambil ngurus rumah sendirian. Sibuknya itu melebihi Working Mom, mau ikutan tidur pas anak tidur tapi belum masak buat suami akhirnya nggak jadi ikutan tidur, selesai masak anak bangun, lanjut ngurus dan main sama anak lagi. Saya sampai nggak kebagian jam mandi ketika menjadi Full Mom, gimana mau mandi, geser pantat ajah ditangisin. Luar biasa kan, jadi kalo ada laki yang bilang kerjaan cewek dirumah cuma ngurus anak doang, coba suruh dia seharian dirumah, paling rumah jadi kaya kapal pecah.

Dulu waktu masih menggadis juga suka salut sama Working Mom, tuntutan pekerjaan dicampur naluri keibuan yang selalu inget anak, tetep berjuang pumping meski lagi strees agar kebutuhan ASI anak tetap maksimal, vidiocall sama anak berusaha agar anak selalu merasakan kehadirannya, padahal airmata ngembeng.

Sekarang saya merasakan hal ini, dilema, disatu sisi ingin tetap mandiri dan meneruskan karier tapi disisi lain saya ingin menikmati waktu-waktu bersama anak dirumah.

Akhirnya karena satu dan banyak pertimbangan saya memutuskan untuk menjadi Working Mom. Menjadi produktif adalah pilihan saya, bukan berarti karena saya adalah Working Mom lalu saya gagal menjadi ibu yang baik. Kepentingan anak dan rumah tangga tetap menjadi prioritas utama saya.

Beraktifitas diluar rumah tidak menghalangi saya untuk tetap dekat dengan anak. Membagi waktu dengan baik adalah kunci keberhasilan saya menjadi seorang Working Mom sekaligus Full Mom bagi anak karena saya selalu meluangkan waktu libur saya sepenuhnya untuk bermain dan melihat perkembangan anak.

Ntah kenapa ketika anak saya bisa melakukan hal baru pasti dia akan memperlihatkan di hadapan saya dan ayahnya dulu, jadi saya nggak pernah kehilangan moment2 pertumbuhannya.

Seperti halnya melahirkan secara caesar tidak menjadikan saya β€œkurang seorang ibu”. Mempunyai karier tidak berarti lebih tidak peduli kepada anak. Sama hal nya 24 jam dirumah tidak membuat saya memperlakukan anak saya lebih baik.
Semua ibu menginginkan yang terbaik untuk keluarganya. Menjadi Working Mom atau Full Mom adalah pilihan masing-masing ibu dan pasti ada alasan yang tepat dibalik semua keputusannya.

Bagi saya semua pilihan butuh pengorbanan untuk meraih sesuatu yang lebih baik ^^

Dunia akan lebih baik jika para ibu saling support dan memberi semangat satu sama lain. Mengkritik perbedaan tanpa kontribusi itu bukan solusi. Membandingkan2kan pilihan dan mengukur2 kehebatan sendiri juga gak bagus buat kesehatan jiwa πŸ™‚

Love,
Kekekenanga

Advertisements

4 thoughts on “Menjadi Full Mom atau Working Mom?

  1. Febriyan Lukito says:

    Apapun yang jadi pilihannya, harus dijalani sepenuh hati dan penuh tanggung jawab ya Ke. Semangat Ke.
    Kadang suka bingung emang, kenapa masalah ini jadi bahasan dan bahan ‘penilaian’ buibuk lainnya. Masing-masing punya kondisi sendiri2, dan yang dipilih juga pasti karena banyak pertimbangan.

  2. sinyonyanyablak says:

    Bener tuh, kadang kalo anak celaka dikit, suami suka nyalahin ibunya. Seakan-akan ngurus anak tuh gampang. Aku belum jadi mom, tapi tar kalo udah waktunya dikasih anak pengen jadi full time mom & part time working mom πŸ˜‰

    • kekekenanga says:

      aku pun sedang mempersiapkan diri untuk menjadi part time working mom πŸ™‚
      Pilihan itu adalah pilihan yang paling aman untuk kita yang biasa mandiri dan mau punya waktu banyak sama anak πŸ™‚
      Semangat \^_^/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s