Mata Minus dan Persalinan Normal

Hallo.. hallo..

Sudah masuk minggu ke 35 nih baby dalam kandungan, nggak sabar rasanya ingin segera bertemu dengan bayi mungil saya πŸ™‚

72244-bisakah-ibu-hamil-dengan-mata-minus-5-melahirkan-normal

Sumber : Google

Dalam postingan sebelumnya saya menceritakan bagaimana saya berjuang mencari informasi medis mengenai kelainan jantung yang pernah saya alami, apakah saya bisa melahirkan dengan normal? Dan kesimpulan yang saya dapatkan adalah saya bisa menjalani proses persalinan dengan normal karena jantung saya sudah kembali sehat. Yeaaay.

Baca disini : [Kondisi Kehamilan Pasca Operasi Jantung Bawaan]

Perjuangan saya belum berhenti sampai di pemeriksaan jantung saja. Dikarenakan mata saya minus maka perjuangan berlanjut kepada pemeriksaan mata.

Memang ada yah hubungannya antara melahirkan dengan mata minus?

Wanita yang memiliki mata minus katanya sangat rentan untuk melahirkan dengan normal. Alasannya karena wanita dengan mata minus akan memiliki perubahan hormon dibagian tubuh terutama mata. Makanya banyak Dokter yang menyarankan agar wanita dengan mata minus melahirkan dengan operasi Caesar.

Mulailah saya googling mengenai hal ini, benar nggak sih mata minus tidak bisa melahirkan dengan normal? Beberapa informasi yang saya dapatkan mengatakan bahwa wanita dengan mata minus bisa melahirkan dengan normal, bahkan ada kasus wanita dengan minus 9 – 11 yang berhasil melakukan persalinan dengan normal loh.

Jadi dimana masalahnya?

Masalahnya mama mama muda terlalu cepat percaya pada apa yang ditakut-takuti dokter 😦

Hehehee.. ini beneran loh, nggak sedikit yang langsung bilang OK ketika disuruh Caesar karena alasan mata minus.

OK balik ke pertanyaan awal, jadi dimana masalahnya?

Masalah sebenarnya itu ada pada kekuatan retina bukan pada minus mata. Jika tidak terdapat robekan pada retina maka bisaΒ melahirkan dengan normal, namun jika pada retina terdapat robekan dan masih tetap mau melahirkan dengan normal maka harus dilakukan laser terlebih dahulu agar pada saat proses mengejan retina tidak lepas. Atau langsung Caesar πŸ™‚

Periksa Retina Mata di Klinik Mata Nusantara (KMN)

Saya masih bertekad agar bisa melahirkan dengan normal dan saya memutuskan memilih Klinik Mata Nusantara (KMN) Kebon Jeruk untuk melakukan pengecekkan mata karena disana ada Dokter Spesialis Retina. Jangan sampai salah yah mom, untuk melakukan pengecekkan retina bukan dengan Dokter Spesialis Mata melainkan dengan Dokter Spesialis Retina, jika mom periksa di Dokter Spesialis Mata maka nanti mom akan di rujuk lagi ke Dokter Spesialis Retina.

Sebelum datang, saya daftar melalui telepon terlebih dahulu, ketika saya bilang saya sedang hamil dan ingin periksa mata, customer service nya langsung memberi saya jadwal untuk periksa ke Spesialis Retina.

β€œWaahh benar nih pilihan gw, CS nya toh udah paham kalo ada emak2 hamil mau cek mata pasti cek nya retina.. OK sip.. bungkus”

Jam 5 sore saya dan suami sampai di KMN, setelah registrasi tidak lama saya dipanggil untuk melakukan pemeriksaan pertama yaitu cek kekuatan retina, mata diminta melihat teropong kemudian akan ada semacam tiupan angin yang kencang, ini lumayan bikin kaget hahhaa.

Setelah itu dipanggil lagi untuk pemeriksaan kedua yaitu cek minus mata dan ternyata minus saya memang semakin bertambah. Saat ini mata kiri saya minus 3.5 dan kanan minus 8 😦

Nah sebelum melakukan pemeriksaan terakhir yaitu cek retina, saya terlebih dahulu diteteskan air yang rasanya membuat mata perih dan pandangan jadi buram.

Masuk ke pemeriksaan terakhir, jeng jeng.. disini baru deh ketemu sama Dokter nya, waktu itu saya diperiksa dengan Dokter Upik, spesialis retina.

Mata saya di masukkin semacam alat yang sudah diolesin jelly, semacam mau USG kehamilan gitu. Jadi fungsi dari tetesan yang perih tadi itu agar mata jadi kebal ketika di urek-urek, pegel mati rasa, bikin mau cepet-cepet pulang terus tidur. Hufftt

KesimpulannyaΒ retina saya bagus, kuat, tidak ada robekan dan juga tidak lepas. Artinya saya bisa melahirkan dengan normal. Dokter Upik juga mengatakan dengan kondisi retina yang bagus maka tidak akan ada resiko apabila mau melahirkan dengan normal. Alhamdulillah πŸ™‚

Nah jadi jelas yah bahwa wanita hamil dengan mata minus tetap bisa melahirkan dengan normal selama tidak terdapat robekan pada retina. Saran saya untuk wanita hamil dengan mata minus segera melakukan pengecekkan retina untuk mengetahui kondisi retina baik sebelum dan sesudah melahirkan.

Semua sudah di cek, hati sudah tenang dan saat ini tinggal menghitung minggu untuk launching kelahiran bayi saya. Apapun cara yang akan saya jalani, baik normal atau Caesar saya sudah siap. Doakan yah teman-teman agar proses persalinan berjalan lancar, saya dan bayi saya selamat, sehat dan sempurna πŸ™‚

Info : Pengecekkan mata di Klinik Mata Nusantara menghabiskan biaya sebesar 550.000 ribu untuk pendaftaran, konsultasi danΒ  pemeriksaan. Yang bikin mahal biaya konsultasinya tapi karena fasilitas dan pelayanannya OK jadi yah gapapa lah yah πŸ™‚

Semangat yah mommy πŸ™‚

7 thoughts on “Mata Minus dan Persalinan Normal

  1. Nur Irawan says:

    Istriku kemarin minus 5 saat lahiran anak kedua…
    Tapi ya Alhamdulillah,berjalan normal….
    Ya apapun pilihannya, biar normal atau Caesar, semoga anak dalam kandungan selamat dan sehat selalu.. Aamiin

  2. shiq4 says:

    Lho bisa punya mata minus sampai 8 juga ya? Saya dari smp sampai periksa sekarang kok minusnya sama, paling 1,5 dan 2 saja. Itu kenapa ya mbak kok bisa mata minusnya bertambah? Maaf nih OOT ha ha ha……

    • kekekenanga says:

      Hhmm kurang tau juga yah kenapa nambah trus 😦
      Padahal kacamata udah dipakai terus, makan wortel juga udh dibanyakin tapi tetep ajah nambah lagi nambah lagi.

      Mungkin terlalu banyak diajak bekerja didepan komputer kali yahh πŸ™‚

Leave a Reply

