Kondisi Kehamilan Pasca Operasi Jantung Bawaan

Hai guys, masih ingat dengan postingan saya satu tahun lalu mengenai penyembuhan jantung bawaan yang saya derita tanpa operasi bedah di RS Harapan Kita?

Kalau sudah lupa sok dibaca dulu lagi disini yah πŸ™‚

Baca disini : [ Penyembuhan Jantung Bawaan Tanpa Operasi di RS Harapan Kita dengan BPJS]

Usai menjalankan tindakan ADO (penutupan kebocoran pada pembuluh darah jantung), Dokter tidak pernah melarang saya untuk menikah dan kemudian hamil.

Sekarang saya sudah menikah dan juga sudah mengandung Β 8 bulan πŸ™‚

hamil

Sumber : Google

Lalu bagaimana dengan kondisi saya setelah operasi jantung?

“Hingga saat ini keadaan saya sangat baik dan tidak ada keluhan apapun.”

Kondisi jantung setelah hamil apakah tidak berpengaruh?

“Alhamdulillah sampai saat ini usia kandungan saya 8 bulan dan saya tidak pernah merasakan sesak yang ditakutkan banyak penderita jantung :)”

Bagaimana dengan pertumbuhan bayi di kandungan?

“Lagi lagi Alhamdulillah, utun sangat aktif, sehat dan tumbuh dengan pesat sampai beratnya melebihi usia seharusnya :)”

Namun tetap saja saya tidak boleh sembarangan menghadapi kelahiran dengan riwayat kebocoran jantung ini, saya harus tetap jaga-jaga demi kebaikan saya dan juga bayi yang saya kandung πŸ™‚

Baca juga : [Cerita Kehamilan Anak Pertama]

Mulailah saya dan suami berburu informasi. Kami mendatangi beberapa RS untuk cek kandungan sekaligus memberitahu mengenai riwayat jantung saya. Kami mendapatkan jawaban yang berbeda di setiap Dokter dan Rumah Sakit.

Begini prosesnya ….

Awal pemeriksaan kehamilan sampai 6 bulan saya lakukan di BWCC Bintaro yang deket sama rumah danΒ Dokter saya mangatakan bahwa tidak sedikit penderita kebocoran jantung seperti saya ini bisa melahirkan dengan normal.

hhmmmΒ tapiΒ seperti nya kami belum yakin..

Lanjut saya dan suami melakukan option kedua dengan mengecek kandungan di RS Hermina Galaxy, ini deket sama rumah mama. Setelah saya bercerita mengenai riwayat jantung saya, Dokter disini tidak berani menangani saya dengan alasan di Hermina Galaxy tidak ada Dokter spesialis Jantung. Akhirnya saya dirujuk untuk konsultasi kandungan di RSUD Bekasi tentunya karena disana ada Dokter jantung.

Tanpa menunggu lama, besok nya saya langsung ke RSUD Bekasi dan tetap saja dong akhirnya saya dibalikin lagi ke RS Harapan Kita. Kenapa nggak di RSUD Bekasi saja sih, kan disini juga ada Dokter Jantung.

Jawabannya adalah karena saya melakukan operasi jantung di RS Jantung Harapan Kita, maka harus kembali lagi kesana untuk di cek kembali dengan Dokter yang dulu menangani operasi saya.

Padahal sebenarnya males banget balik ke RS Harapan Kita, pertama karena jauh dan yang pasti antri nya panjang, tapi mau gimana lagi.. semua harus dilakukan πŸ™‚

Capek tenaga bok, waktu banyak terbuang oleh antrian, emosi menjadi tidak stabil karena saya masih belum memiliki jawaban akan lahiran dimana dan bisa lahiran normal atau harus di sesar *drama mode on*

Karena saya merasa sehat dan merasa bisa lahir dengan normal jadi saya tidak langsung ke RS Jantung Harapan Kita, saya terlebih dahulu cek kandungan di RSAB Harapan Kita hehhee (Keke bandel). Dan lagi lagi saya di suruh untuk konsultasi dulu ke Dokter Jantung saya di RS Jantung Harapan Kita. Huffttt.. yaudalah yahhh…

Oke.. jadi bagaimana hasilnya?

Singkat cerita, setelah antrian panjang berjam-jam bertemulah saya dengan Dokter Indriwanto spesialis jantung bawaan, dokter yang dulu ngeledekin saya cengeng karena takut jarum suntik, Alhamdulillah beliau masih ingat saya loh hehe. Tipsnya nangis dulu sebelum dioperasi biar diinget Dokter hahahha..

Saya kembali melakukan pengecekan (Echo) dan hasilnya WOW.. Alhamdulillah saya sudah sehat dan sudah memiliki jantung yang normal. Yeyeyeyyee

Dokter Indriwanto menjelaskan, bagi penderita jantung bawaan seperti saya yang hanya membutuhkan ADO untuk penutupan kebocoran, maka dalam waktu satu tahun jantung sudah akan kembali normal, sehingga tidak perlu ada yang dikhawatirkan lagi.

Sebelum saya pamit pulang, si Dokter menambahkan kalimat super duper penambah semangat buat saya lahiran normal, begini katanya…..

β€œJantung kamu sudah bagus kok, sudah kaya orang normal lagi, kamu boleh lahiran dimana saja. Siapa sih Dokter yang suruh kamu kesini? Saya balikin lagi kamu kesana”

Alhamdulillah ya Allah LEGA…….

Eitss.. perjalanan cek baby cek belum selesai sampai disini guys, ada beberapa hal lagi yang masih harus di cek sebelum memastikan saya bisa lahiran normal atau tidak, yaitu cek mata.

Akan saya ceritakan kembali di postingan selanjutnya ya πŸ™‚

18 thoughts on “Kondisi Kehamilan Pasca Operasi Jantung Bawaan

  1. Rahmat_98 says:

    Sehat sampai lahiran nanti ya Ke.. πŸ™‚
    ODOP nya masih jalan kah?
    Ngurusin abah yang kena jantung juga RSHK.
    HP error, no contact hilang semua
    Saya pingin ikutan lagi, contact saya di 081283371005 ya…

    • kekekenanga says:

      Aaminn,, makasih Bang πŸ™‚
      hah? Semoga abah sehat selalu yah Bang πŸ™‚

      Iya uy waktu itu hp ku ilang kecopetan, terus sampai sekarang lost sama ODOP, ntah siapa yang pegang atau mungkin sudah tidak aktif lagi Bang 😦

    • kekekenanga says:

      Waalaikumsalam πŸ™‚
      AAmiin aamiin …

      Wahh ini tulisan aku tentang ASI dulu yahh,, iya dong nggak lupa πŸ™‚
      Makasih banyak loh sudah mereview ulang tulisan aku πŸ™‚

  2. wastono says:

    Trimakasih atas sharingnya mba..semoga sehat selalu dan keluarganya senantiasa dirahmati Allah.Pengalaman mba motivasi saya untuk putri saya yg juga baru terdeteksi pjb.

Leave a Reply

