Olahraga Yoga Pasca Operasi Jantung

Olahraga termasuk salah satu aktivitas yang menyehatkan badan dan membuat badan tetap bugar. Namun bagaimana dengan yang baru saja melalukan operasi jantung, apakah olahraga tidak membahayakan kondisinya?

IMG-20160126-WA0012

Acro Yoga setelah 3 bulan operasi jantung

Pada dasarnya, olahraga justru termasuk hal yang wajib dilakukan penderita kelainan jantung, karena manfaatnya adalah mengurangi rasa nyeri atau keluhan lainnya.Β Salah satu ciri penyakit jantung kan adanya rasa nyeri dan tidak nyaman pada dada dan daerah sekitarnya. Dengan melakukan olahraga ringan secara rutin, maka rasa nyeri dan keluhan tersebut akan berkurang bahkan hilang.

Baca juga : [Penyembuhan Jantung Bawaan Tanpa Operasi di RS Harapan Kita dengan BPJS]

Setelah melakukan operasi jantung melalui cara ADO, Dokter menyarankan agar aku tidak melakukan olahraga dulu selama 3 bulan, bukan berarti tidak boleh olah raga loh. Cuma cuti saja dulu.

Setelah 3 bulan, aku beranikan diri untuk kembali masuk ke kelas olahraga favorite yaitu kelas Yoga. Kangen banget rasanya melakukan acroyoga, meskipun takut sama resiko pasca operasi tapi aku tetep nekat mau ngetes kondisi jantung, udah ok apa harus di service lagi nih :D. Pasca operasi 2 hari ajah udah nekat ke kantor naek gojek padahal jalan masih kaya abis lahiran, masa gini ajah nggak brani *rumus kekuatan diri sendiri ala Keke *jangan ditiru πŸ˜€

Baca juga : [Sehat Dengan Yoga]

Finally, tahap demi tahap yoga berjalan dengan normal, nggak ada rasa sesak dan nyeri di dada kecuali di duain pacar nyerinya naujubilleh. Selama yoga aku berusaha mengatur nafas dengan tenang nggak tergesa-gesa dan alhamdulillah jantungku sudah sehat kembali bahkan aku sudah bisa akrobat lagi yeayy, bisa upload acroyoga keren lagi di IG ulalaaa *tujuan olahraga yang salah *jangan ditiru lagi πŸ˜€

Jadi, menurut aku olahraga ringan seperti yoga tidak membahayakan kondisi penderita jantung justru bagus karena dapat membantu menurukan tekanan darah dan melenturkan otot. Selain itu, yoga juga membantu pernafasan dan membuat lebih rilexs. Tapi, aku pribadi untuk saat ini masih belum berani untuk berolah raga yang berat seperti aerobic, zumba dsb. Nanti dulu deh hehhee

Untuk teman-teman yang memiliki kelainan jantung sama seperti aku, tetap semangat yah. Jangan putus asa dalam berjuang dan berdoa, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Kesembuhan & jalan kesembuhan itu pasti ada πŸ™‚

20 thoughts on “Olahraga Yoga Pasca Operasi Jantung

  1. inggit_e says:

    Mbak keke semoga sehat selalu…tapi emang bener ya, olahraga Yoga itu keren kalau di foto. Jadi jangan sampek lupa aplod foto di medsos ya mbak πŸ˜€

  2. fasyaulia says:

    Acroyoga tuh emang fotoable banget yak huahahaha soalnya kece gitu pas difoto. Apalagi kalau liat sodaranya Carissa Putri di IG, duh lentur amat itu badan 😦 aku kek nya mana bisa begitu2an mbaaaa huhuhu

  3. Wida Zee says:

    Sehat-sehat terus ya kak πŸ™‚
    Aku lebih suka aerobic saat ini walaupun latihannya 1 jam per latihan tapi membuat badan jadi lebih seger dan enak karena tergerakkan hihi.

    Btw, kalau nikahan nanti aku mau di undang ga? haha *ngarep #SiapaAku

Leave a Reply

