Asyik menulis Blog

untitledPernah nggak kalian menulis diary? Diary adalah buku catatan yang menjadi saksi tempat kita menuliskan berbagai peristiwa penting dalam hidup kita.

Tidak berbeda jauh dengan blog, bedanya kalau diary menulis diatas kertas, diumpetin dibawah kasur plus digembok karena takut ketahuan orang rumah sementara menulis blog menggunakan domain tertentu yang justru bisa dibaca secara bebas oleh siapapun.

5 tahun lalu aku memiliki blog yang sangaaat ramai pengunjung, namun saat aku kembali ngeblog dengan domain yang baru rasanya sulit mempopulerkan kembali blog seperti yang dulu. Sampai ada yang bilang “kok blog kamu sekarang sepi komentar” rasanya itu nyeeesss banget. Artinya blog aku yang sekarang kurang menarik atau karena isinya yang lebih berat. Padahal blog yang dulu isinya benar-benar seperti menulis diary, curcol dan nyeleneh, tapi kok populer :D.

Eits.. tapi coba lihat dulu, apakah blognya Raditya Dika (penulis) ,Diana Rika Sari (Fashion Blogger) dan Dimas Novriandi (Lifestyle Blogger) ramai komentar? Nggak, tapi blog mereka populer di search engine karena tulisannya yang berisi dan informatif.

Begitupun dengan tujuan aku menulis saat ini, aku tidak ingin menulis untuk diriku sendiri, harapannya aku bisa berbagi informasi dan berbagi ilmu melalu tulisan,Β  menambah teman baru, mencari pendapat dari berbagai sudut pandang blogger dan yang pastinya untuk berlatih menulis. Meskipun belum semua tulisan ku bagus, setidaknya ada hal yang bisa dipetik.

Aku bisa mendapatkan ide tulisan salah satunya dari blogwalking. Memang, saat ini waktu yang aku miliki untuk blogwalking tidak banyak, berbeda dengan saat aku masih kuliah yang hampir setiap hari dihabiskan untuk blogwalking, mungkin itulah alasan kenapa dulu blog aku populer dan ramai pengunjung. Sementara saat ini, dengan kerjaan dan kegiatan yang segambreng, bisa update dan blogwalking seminggu 3 kali saja sudah Alhamdulillah :). Dan bagaimanapun komentar yang ditinggalkan pengunjung adalah penghargaan buat tulisan kita, tanpa kalian aku mah apa atuhh #halahhh.

Selain itu, dulu hanya dengan waktu 5 menit sudah bisa update post, tapi sekarang aku butuh waktu setidaknya 2 hari, mulai dari memikirkan konsep, mengumpulkan informasi sampai di review berulang2. Lalu, dengan waktu 2 hari membuat tulisan aku jadi bagus? Nggak juga, setidaknya lebih baik dari blog aku yang dulu, lebih bermanfaat untuk pengunjung dan lebih dewasa (disesuaikan sama umur) hehehe.

Balik lagi nih bagaimanapun asyiknya ngeblog, seperti yang dikatakan Handriati bahwa “menulis itu membutuhkan waktu bagi saya“. Menjadikan blog sarana penyimpan segala peristiwa penting dalam hidup dengan gaya menulis yang indah, anggun dan lebih terkonsep, bukan hanya untuk diriku sendiri tapi juga untuk orang lain. Karena blog ini akan menjadi diary aku di sepanjang masa, kelak akan dibaca juga oleh anak dan cucuku #eeaaa

Happy Blogging \^_^/

38 thoughts on “Asyik menulis Blog

  1. oesdannur says:

    Satu tulisan butuh waktu 2 hari? Perfect banget. Kalau saya malas banget nyari referensi, jadi tulisannya apa yang keluar dari kepala.
    Kudu harus belajar nih.

  2. darsonogentawangi says:

    Awalnya nulis blog krn disuruh oleh bapak dosen sebagai salah satu tugas kuliah…
    eh, lama2 ketagihan…
    ada yg buat nyari duit,promosi,ngomongin isi hati, dsb…
    hehehe….

  3. hengkidh3 says:

    Sama banget, mba. Rasanya dulu blog saya tidak sepi-sepi banget. Sekarang udah… Krik krik krik.

    Mungkin karena jarang blogwalking ya, atau juga gara-gara pindah domain. Saya juga seperti itu. Beberapa tahun yang lalu masih ada yang ngunjungi sebelum ganti domain.

    • kekekenanga says:

      Iya sakitnya tuh disini yahh Hengki hehehe

      Memang BW itu jadi bagian teroenting kalau mau blog kita ramai pengunjung, tapi kembali lagi kepada waktu yang saat ini kita miliki. Beda dulu beda sekarang huhuhuuu..

  4. SITI FATIMAH AHMAD says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb Kenanga…

    Blog sebagai tempat menyimpan segala peristiwa dalam hidup yang menjadi tanda saya hidup di dunia ini buat bacaan dan teladan sesiapa sahaja terutama anak cucu nanti saat sudah meninggalkan dunia. Menulis itu mudah namun payah untuk memikirkan jalan ceritanya.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. πŸ™‚

    • kekekenanga says:

      Waalaikumusalam Mba Fatimah

      Iya Mba, di blog pertama saya, saya mengisi dengan hal hal konyol. Ketika saya membaca kembali rasanya tidak ada hal yang bisa dijadikan pelajaran. jadi saya ingin merubah agar lebih bermanfaat, tentunya untuk generasi saya berikutnya πŸ™‚

  5. Beby says:

    Karena secara psikologis orang-orang lebih menyukai hal-hal pribadi orang lain, Keee.. Apalagi pengalaman, trus gaya cerita jugak bakalan bikin nagih loh. Huahahahaaaa.. πŸ˜€ Aku sendiri punya 2 orang blogger favorit yang selalu aku baca blognya sejak SMA.. πŸ˜›

    Yakin aja selalu ada hal baik yang bisa didapat dalam postingan kitaaaa. Syemangaaaat!

  6. Fredeva says:

    Huaah aku juga sering main ke blognya Diana Rika Sari. Emang sepi komen tapi tiap postnya asik banget ngeliat fashion yang doi coba. Hihi. Salam kenal ya mbak. Makin rajin nulisnya. πŸ˜€

    • kekekenanga says:

      Hai Deva.. iya yah kerenn blognya.
      Aku baru tau dia semenjak Blogger Workshop yang diadain kantorku dengan pembicaranya Diana Rika Sari, dari blognya yang keren itu dia mendapatkan penghasilan loh, so blog yang sukses bukan melulu soal blog yang rame komentar yahhh hehehe

  7. Siro Gane says:

    yey.. iya mbak nulis blog gak sekedar mengeluarkan isi kepala. tapi lebih asyik kalau ngasih sesuatu kepada pembaca. jadi bisa bikin nagih buat dateng lagi πŸ˜€

  8. kayka says:

    klo liat blog lain rame yang komen seru juga kayanya ya ke.

    tapi gak kebayang juga krn butuh waktu tuk jawabin dan bw balik juga ya.

    salam
    /kayka

    • kekekenanga says:

      Iya Mba Kay,, seru yah kalau tulisan kita ternyata di nanti banyak orang πŸ™‚
      Nah itu dia Mba, aktifitas BW nggak bisa dilakukan setiap hari, jadi aku mah sadar diri ajah kenapa sekarang sepi komentar, karena kurang waktu untuk BW hehehee

  9. handdriati says:

    aw aw aw ada namaku disebut…makasih Mba Keke *hughug

    Iya mba kadangan rada sebel sih dihatiku yang paling dalam, kenapa postinganku sepi komentar ya? padahal aku nulisnya keknya sudah bak pujangga cinta hahhaa…(keknya lho ya, padahal mah gtw hahha…)
    Akh tapi yasudahlah, have fun sajalah…Yang penting dapet temen baru kayak Mba Keke ini hehe…

    Happy Blogging! πŸ™‚

    • kekekenanga says:

      aw aw aw… aku pikir kamu kejepit Hand hehehee *kisskiss
      Aku suka tulisan2 kamu kok Hand, mungkin tidak banyak yang lebih tertarik dengan tulisan yang agak berat *padahal berilmu* tapi setidaknya jangan merubah karakter hanya demi banyak komentar Hand,, Ciaayoooo…

      Happy Blogging πŸ™‚

      • handdriati says:

        Siap Mba Keke…Aku selalu mencoba menulis dengan sungguh-sungguh dan senang hati supaya orang lain senang mba…Gak dikomen jg gak papa kok, yang penting dibaca weslah aku seneng banget hehehe…Mulai jadi hobby soalnya ini nulis di blog, nagih hahhaa…Walopun mikirnya sedikit bkin malas kwkwkwk…

        Happy Blogging! πŸ™‚

  10. Wida Zee says:

    Aku sependapat sama mba keke. Menulis di blog itu ngga harus ramai pengunjung yang terpenting seberapa bermanfaatkah blog yang aku tulis pada hari ini bagi si pembaca, aku intinya sih gitu mba πŸ™‚

    • kekekenanga says:

      yupss iya Wida, itu yang paling penting.
      Karena tulisan yang informatif sampai kapanpun pasti akan dicarai dan dibaca org, meskipun tidak meninggalkan komentar πŸ™‚

      Apalagi postinganmu semua tips2, laku keras di pencarian Mbah Google itu Wid πŸ˜€

  11. TIRS says:

    Sama, kak. Gua juga ngeblog dengat niat awal sih berbagi informasi. Ya walaupun skrg gak semuanya info bermanfaat, seenggaknya ada yang bisa dipetik. Hahay..

Leave a Reply

