Sehat dengan Yoga

10958701_59634625716aa6793_1736846489_n

Acroyoga @Villa Gardenia Lembang, Bandung

Menerapkan gaya hidup sehat sudah menjadi satu kebutuhan untukku. Aku menyadari arti pentingnya menjaga kesehatan tubuh melalui olah raga yang diimbangi dengan makanan yang sehat.

Selama 3 tahun ini, yoga menjadi olah raga favorite yang rutin aku lakukan untuk melatih pernafasan, kelenturan tubuh, kekuatan otot lengan dan juga membuat aku merasa lebih rileks. Olah raga ini pun semakin aku gemari karena gerakannya sudah lebih beragam. Dan semakin menarik lagi dengan gerakan yoga yang dipadukan dengan gerakan akrobat, ini biasa disebut acroyoga.

untitledkjghdfa

Dance Pose @iisiouz VS Kayang Pose @kekekenanga

Bersyukur sekali saat ini aku bekerja di kantor yang selalu mendukung karyawannya untuk hidup sehat dan menyenangkan, baik secara fisik maupun mental. Nutrifood menyediakan kelas-kelas olahraga secara free yang bisa diikuti oleh semua karyawan setelah jam kantor selesai, salah satu kelas nya yaitu kelas yoga yang saat ini rutin aku ikuti. Kereen kan πŸ˜€

Baca juga : [Sehat Itu Pilihan]

Beberapa waktu lalau aku mendengar berita bahwa Yoga diharamkan oleh MUI. Dalam fatwa yang dikeluarkan pada 2009, ada sejumlah keputusan terkait yoga yang dikeluarkan dalam ijtima ulama itu, yaitu :

1. Yoga yang murni ritual dan spiritual agama lain, hukum melakukannya bagi orang Islam adalah haram.
2. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ritual ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai langkah preventif (sadd al-dzari’ah).
3. Yoga yang murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh).

Melihat hal ini, aku langsung mencari tahu yoga ini boleh apa nggak sih dalam Islam. Kalau mengikuti yoga murni untuk olahraga menurutku ya nggak apa apa, kembali lagi pada niat masing-masing. Lagipula selama aku latihan tidak pernah ada mantra, meditasi atau ritual agama apapun, biasanya hanya melakukan tarik nafas dan buang nafas saja.

10268834_1520034098283444_814366299_n

Acroyoga @Ruang Platinum, Nutrifood

Selama mengikuti yoga ini banyak banget manfaat yang sudah aku dapatkan, seperti otot perut yang lebih kencang *nggak ada glember-glember lemak*, otot tangan dan kaki semakin kuat, tidak gampang kelelahan, wajah menjadi merah merona dan awet muda dan yang paling penting sehat banget buat jantung.

Jangan malas untuk berolahraga yah, manfaatnya memang tidak langsung kita dapatkan, tapi olahraga adalah investasi kesehatan kita dihari tua. InshaAllah

Β Keep Health yaaa Blogger πŸ™‚

1515961_855825951107319_248582979_n

Cintai tubuh dengan berolahraga πŸ™‚

10995076_845051068877109_269574693_n

Namaste ^_^

 

Advertisements

38 thoughts on “Sehat dengan Yoga

  1. SITI FATIMAH AHMAD says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Kenanga.

    Senang ya bisa dapat menjalani senaman dengan harmoni. Untuk pengetahuan sahaja nih ya, Kenanga. Mungkin di Indoensia berbeda.

    Di Malaysia, senaman Yoga ini telah diharamkan kepada umat Islam di Malaysia oleh Majlis Fatwa Kebangsaan Malaysia sejak tahun 2008 kerana gerak geri yoga itu disifatkan sebagai satu amalan ibadah dalam agama Hindu. Malah kebanyakan fatwa di dunia juga telah mengharamkan senaman Yoga buat umat islam.

    Mungkin boleh membaca maklumat di sini sebagai pengetahuan bersama:

    https://ms-my.facebook.com/notes/satu-hari-satu-ayat-quran/yoga-haram-fatwa-ulama-se-dunia/10151479361379651

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. πŸ™‚

    • kekekenanga says:

      Waalaikumsalam Mba Fatimah

      Yups, seperti yang sudah saya ungkapkan juga Mba, mengenai fatwa yang dikeluarkan terkait dengan haramnya Yoga. Kembali lagi pada niat dari Yoga itu sendiri Mba, dalam beberapa artikel yang sudah saya baca mengenai inipun yang diharamkan itu berYoga sambil membaca mantra, sementara jika Yoga hanya untuk olahraga dan kesehatan itu tidak apa2 πŸ™‚
      Dan selama saya mengikuti pelatihan Yoga tidak ada ritual2 membaca mantra Mba, hanya tarik nafas buang nafas saja πŸ™‚

  2. Kresnoadi DH says:

    Mbak, kalo mau main Yoga itu ada pemanasannya nggak sih? atau Yoga itu masuk ke dalam pemanasan? Aku pernah sekali nyoba begituan dan… KREK! Tulangku lho mbak. Huhuhu.
    Oya, ini kunjungan pertama ya, salam kenal mbak! \:D/ siapa tahu bisa masuk Nutrifood. ehehehe.

    • kekekenanga says:

      Hai Kribo…
      Iya dong, harus pemanasan dulu kalau nggak pemanasan selain belum lentur, badan juga bisa sakit. Yoga termasuk olahraga juga sih, lebih ke membentuk tubuh dan ngilangin lemak diperut.
      Mungkin kamu nyobanya tanpa pemanasan kali, kan ada stepnya, kl pose2 diatas itu sudah masuk kategori acroyoga.

      Salam kenal juga Kriboo.. ditunggu di Nutrifood hehhee

  3. Siro Gane says:

    waah mbak keke lentur kayak luffy di film one piece, padahal gak makan buah gomu-gomu πŸ˜€
    aku gak berani meragain gerakan yoga secara otodidak, takut tulangku ada yang geser :3

  4. Wida Zee says:

    Bisa lentur gitu ya badannya, aku juga seneng olahraga mba tapi aku ikutan kelas aerobik yang menurut aku olahraga yang paling menyenangkan, bisa menari + ada manfaatnya juga bagi tubuh πŸ™‚

    • kekekenanga says:

      olahraga apa ajah yang penting tujuannya sehat Wid, kl aerobic aku nggak kuat euy nafasnya, soalnya gerakannya itu kan cepet yah. Kamu pasti nafasnya kuat karena biasa ikutan aerobic πŸ™‚

  5. handdriati says:

    Kalau menurutku haram gaknya sih tergantung niatanya ya mba, sekedar untuk olahraga supaya badan sehat masa sih jadi haram? hehehe…

    BTW, tubuhmu elastis sekali itu mba hahah…kalau aku uda kram itu, maklum jarang bahkan hampir gak pernah olahraga #pemalas πŸ˜€

  6. Beby says:

    Aku jugak pengen loh, Keeeee.. Hahah.. Tapi keknya harus ngurusin badan dulu inih. Kasian kan instruktur ku kalok ngangkat badan ku yang gembul inih πŸ˜›

    Asyiknya bisa free yah. Kalok bayar, lumayan jugak loh itu biayanya πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s