Tips Menyembuhkan TRAUMA ala Keke

Tak mudah untuk menerima, menjalin kasih asmara
Tiada gairah untuk bercinta, terlalu dalam luka didada
Ntah mengapa, ku tak percaya
Mungkinkah trauma
Kegagalan dari kegagalan yang kurasa
[……]
Keinginan tuk bercinta sirna
Keraguan selalu datang menyiksa
Ya Illahi kabulkanlah doaku
Ku serahkan semua ini padamu
[…..]

Ways_to_Heal_A_Broken_Heart_by_flavGaes, bait diatas itu bukan puisi aku, tapi lirik dari lagu dangdut yang nggak sengaja aku denger waktu mama lagi nonton Dangdut Academy Indosiar, aku catet sedapetnya ajah sih, makanya aku kasih titik titik […..], tapi nadanya sih aku tau, sering aku nyanyiin diem-diem. Husst jangan bilang-bilang yah.

Berbicara mengenai trauma dalam bercinta, banyak orang pasti mengalaminya, diluar dari cabe-cabean dan terong-terongan yah. Dari ke traumaan itu, banyak diantara mereka ada yang memilih untuk tidak menjalin hubungan lagi, ada yang justru berbalik sering mempermainkan pasangan, dan mungkin ada juga yang menjadi homo seksual atau lesbian. Alasannya cuma satu, yaitu tidak ingin terluka dengan alasan yang sama.

Aku pribadi sangat tidak setuju jika ada yang bilang hal tersebut adalah sebuah ke traumaan. Kegagalan dalam bercinta, memang menyisakan penyesalan juga rasa sakit yang dalam. Apalagi jika sakitnya karena perselingkuhan. Itu sangat wajar kok. Tapi kita tetap harus realistis, jadikan ini sebagai suatu pelajaran hidup yang membuat kita harusnya lebih berhati-hati dalam memilih.

Baca Juga : [Halalkan atau Lupakan]

Ketika saat ini aku belum memiliki pasangan, karena β€œkatanya” aku terlalu selektif. Sebenernya bukan terlalu selektif, aku hanya tidak ingin mengulang luka dengan alasan yang sama, dan itu bukan trauma. Aku hanya tidak ingin tergesa-gesa terhadap hal yang belum pasti. Ketika kita memilih pasangan yang pada akhirnya hanya akan melukai kita, itu hanya akan membuang waktu dan fikiran. Inget yah, hal ini bukan trauma dalam mencintai tapi trauma jika salah memilih pasangan untuk dicintai.

Gaes, rasa sakit atau yang kalian sebut trauma itu akan sembuh dan hilang dengan waktu. Bersabarlah dan tetap percaya Allah telah mentakdirkan suatu yang indah. Keke punya tips nih bagaimana kita menjalani hari-hari baru dengan ceria setelah rasa sakit yang pernah dialami. Tips ini bukan cuma buat kalian, tapi untuk diri aku sendiri juga hahahaaa

  1. Berdamai dengan diri sendiri & Maafkan masa lalu

Kita tidak perlu menyangkal kesedihan, kekecewaan dan kemarahan yang kita rasakan. Semakin kita menyangkal, kita akan semakin tidak tenang. Jujurlah pada diri sendiri karena itu akan memperbaiki keadaan. Jika ingin menangis, menangislah. Menangis itu bukan berarti lemah. Memaafkan dengan ikhlas memang sulit, namun itu adalah obat yang paling ampuh untuk menyembuhkan luka.

  1. Berhenti Mengingat-Ingat (Move On)

Coba fikir deh. Apa untungnya terus mengingat kejadian buruk yang menimbulkan trauma? Masa lalu sebaiknya cukup dijadikan sebagai pelajaran berharga. Bukankah kegagalan itu adalah keberhasilan yang tertunda? Gaes, petik hikmahnya dari masa lalu dan buang jauh-jauh cerita buruknya.

  1. Cintai diri sendiri

Kalau bukan kita sendiri, siapa lagi yang akan mencintai diri kita? Memang kamu rela merubah hidupmu yang penuh warna menjadi suram hanya karena masalah cinta. Penderitaan yang berlebihan hanya akan membuat wajah mu kusam dan tidak bersemangat. Yang rugi siapa hayoo? Kita itu sangat berharga dan hidup ini terlalu berharga untuk dinikmati dengan penyesalan yang tidak berpenghujung.

  1. Work Hard

Nah, saat seperti ini sangat tidak rugi jika memfocuskan diri pada pekerjaan. Tidak ada si dia yang mengganggu fikiran kita untuk memberikan ide baru bagi pekerjaan kita. Kita bisa meningkatkan kualitas kerja kita, siapa tau bisa langsung di promosiin loh.

  1. Me Time

Mulailah merencanakan liburan seru bersama sahabat yang dulu terlupakan karena adanya pacar. Rencanakan juga acara bersama keluarga, pokoknya kalian bisa manfaatkan waktu ini untuk hal-hal yang menyenangkan. Enjoy the trip Gaes. Tingkatkan juga penampilan untuk rasa lebih bahagia, merawat wajah, rambut atau merubah penampilan kamu menjadi lebih baru. Wah itu seru banget loh. Dengan penampilan yang baru, bisa membuat kamu menarik hal baru yang lebih baik.

Gaes, jika semua tips ini sudah dilakukan tapi kalian masih belum moveon. Gue cuma bisa bilang, kebahagiaan kita ada pada diri kita sendiri. Kitalah yang menentukan, jangan biarkan kita terjebak dalam dilema. Enggan melepas tapi juga tidak berani untuk mendapatkan kembali. Life must go on Gaes.

Jika sudah berusaha tapi kenangan itu masih tidak mau hilang. Pasrahlah kepada Allah. Karena tidak akan lari jodoh dikejar. Pasrahlah akan takdir yang telah dituliskanNya langsung untuk kita. Dekatkan diri pada Allah, jadilah yang dicintai Allah, karena dengan cinta Allah, maka semua pun akan mencintaimu.

Advertisements

25 thoughts on “Tips Menyembuhkan TRAUMA ala Keke

  1. soeman jaya says:

    Oww Trauma? apa ya..? Hihihi … πŸ˜›
    Aku selalu berusaha tidak ber-lama dlm satu masalah … kiatnya ‘Positive Thinking aja … πŸ˜‰ karena otak kita adalah alat yang sangat kuat yang dapat berdampak positif atau negatif pada kehidupan kita. Nice … πŸ™‚

  2. SITI FATIMAH AHMAD says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb Kenanga… sebaiknya redha aja apa yang sudah berlalu. Sesungguhnya Allah lebih mengetahui kenapa hidup ini ada ranjau durinya. Yang penting hati bahagia dan tidak harus memikirkannya. Bina hidup baru dan happy sahaja. Tips Keke yang menarik dan sesuai buat yang trauma ya. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. πŸ™‚

    • kekekenanga says:

      Waalaikumussalam Fatimah

      Iya, Allah Maha Mengetahui yang terbaik buat kita.
      Saat Dia mengambil apa yang kita punya, tidak lain untuk digantikan dengan yang lebih baik πŸ™‚

      Makasih Fatimah

  3. Ai Wida says:

    Apakah wajar kalau kenangan sama sang mantan itu selalu datang dengan sendirinya ketika sedang asik sendiri di suatu tempat. Padahal sudah move on tapi kenangan itu suka datang meski sepintas x____x

  4. Beby says:

    Cie.. Ketika Keke mulai berbicara tentang cinta, aku bakalan dengerin dengan seksama.. Uwahahahah πŸ˜€

    Yap. Bener banget. Jangan jadiin cinta sebagai alasan buat trauma. Sayang deh diri ini kalok terus-terusan meratapi nasib karena pernah disakiti. Bukannya itu jadi alasan untung bangkit kemudian berdiri? :3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s